Ayo Wisata ke Sungai Kahayan

Salah satu bentuk wisata baru di Kalimantan Tengah adalah Wisata susur sungai. Wisata yang unik dan khas di Palangkaraya ini adalah Susur Sungai Rungan-Kahayan Kota Palangkaraya, yaitu berwisata di suatu kapal berlayar menyusuri sungai jernih yang membelah suasana hutan bergambut. Sesekali melintasi kawasan perkampungan suku Dayak.


Selama menyusuri sungai, pelancong dapat menemukan flora dan fauna khas daerah Palangkaraya. Fauna yang terlihat saat melakukan perjalanan di atas air menyusuri Sungai Rungan dan Kahayan antara lain adalah bekantan atau Nasalis larvatus, biawak, kera abu-abu, orang utan atau Pongo pygmaeus dan uwa-uwa atau Hylobates sp.

Adapun flora khas Palangkaraya adalah tumbuhan kayu balngeran, tumbuhan kayu ulin, hutan rawa gambut dan rasau (jenis pandan) yang menghijau. Kapal wisata yang digunakan menyusuri sungai ini berbahan kayu ulin atau kayu besi dengan dua tingkat yang memiliki kamar  tidur dengan AC atau pendingin ruangan, bar, live music, dan tempat bersantai.

Bagaikan menaiki Yacht saat berpelesir. Rute wisata susur sungai di Palangkaraya ini tidak terbatas hanya sekadar melihat-lihat flora dan fauna di sekitar sungai. Sebab jalur wisata bergantung pilihan rute dan jumlah anggota rombongan. Anda dapat saja mampir ke lokasi pemancingan, atraksi burung elang, sanding Temanggung Lawak Surapati yang merupakan situs sejarah dan habitat orang utan di Pulau Kaja.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk wisata susur sungai di Palangkaraya ini sangat terjangkau. Satu paket wisata untuk 10 orang hanya dibandrol Rp 750 ribu, itupun sudah termasuk kudapan makanan ringan. Saat menginjakkan kaki di Palangkaraya jangan khawatir kebingungan, bagaimana cara untuk menikmati paket wisata susur sungai ini. Sebab pemerintah kota Palangkaraya telah berinisiatif untuk membuat buku saku, brosur dan pamflet kepariwisataan Palangkaraya yang termasuk wisata sungai susur ini.

Wisata ini sangat cocok bagu pelancong yang mencintai alam dan kehidupan sungai di Palangkaraya, apalagi Pulau Kalimantan memang sangat eksotis.


Referensi :
http://www.anneahira.com/palangkaraya.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

newer posts older posts back to home